fbpx

Manfaat Sertifikasi Profesi Laundry

Sertifikasi Profesi Laundry 
Sertifikasi Profesi Laundry 
Sertifikasi Profesi Laundry

 

 Apakah sertifikasi Profesi Laundry itu, manfaatnya bagi pekerja dan perusahaan?

Dimana dan bagaimana cara mendapatkannya?

Sertifikasi Profesi Laundry adalah bukti pengakuan bagi pekerja laundry yang sudah bekerja dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kemampuan atau ketrapilan pekerja dalam bidang tugasnya yang mereka lakukan.

Bukti kemampuan seorang pekerja dibuktikan dengan sertifikat setelah mengikuti “uji kompetensi” dan dinyatakan kompeten oleh Laundry Assesor.

Ada 6 skema atau tingkatan profesi laundry:

  1. Laundry Worker
  2. Laundry Attendant
  3. Laundry Admin/ Order Taker
  4. Laundry Supervisor
  5. Assistant Laundry Manager
  6. Laundry Manager

Dari ke 6 skema tersebut pada posisi mana anda akan mengikuti uji kompetensi?

Setiap peringkat mempunyai keterampilan masing – masing sesuai dengan bidangnya.

Pada tingkat manajer tentu mereka harus kompeten terhadap tingkat dibawahnya.

Mungkin seseorang bisa melakukan pada tingkatan tertentu tapi belum mempunyai sertifikat kompetensi. Bila terjadi demikian mungkin tidak akan menjadi masalah bila si pekerja tidak beralih atau pindah dari perusahaan dimana mereka bekerja dan perusahaan tidak memintanya.

Akan timbul masalah bila pekerja akan pindah perusahaan dan pada perusahaan yang baru meminta bukti kompeten yang mereka miliki. Surat keterangan pernah bekerja ( Job experience ) tidak menjamin seseorang kompeten dibidangnya. Disinilah manfaat sertifikat kompetensi dirasakan.

Dari sisi pekerja diakui bahwa mereka memang kompeten dibidangnya dengan bukti sertifikat yang dimiliki. Bagi perusahaan tidak ragu untuk menerima pekerja tersebut karena ada bukti yang valid dari pemerintah.

Mungkin saat ini dari kedua belah pihak belum begitu merasakan manfaat tersebut, karena regulasi pemerintah yang belum begitu ketat. Namun sebagai bentuk antisipasi akan lebih baik kita memilikinya, karena dalam menyongsong era globalisasi suatu negara tidak bisa menolak pekerja asing yang telah mempunyai bukti sertifikat kompetensi sesuai bidangnya.

Kita bisa mendapatkan dengan cara mengajukan permohon secara mandiri atau pada saat Lembaga Sertifikasi Profesi mengadakan uji kompetensi secara massal di suatu daerah/ kota.

Pentingnya sertifikasi profesi laundry

Kabar baik saat ini sudah hadir Lembaga Sertifikasi Profesi Laundry Indonesia (LSP LI) yang membawa angin segar bagi Sumber Daya Manusia yang bekerja di bidang laundry untuk dapat memiliki sertifikat kompetensi dalam profesinya. Oleh karena itu jangan lewatkan kesempatan baik ini agar kita mampu bersaing dengan yang lain.

Pentingnya sertifikasi kompetensi dan pengembangan sumber daya manusia telah diamanatkan dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Th. 2003, PP No. 23 Th. 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PP No.31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional. Selain itu kompetensi ini bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan siap memasuki era globalisasi dan tentunya mampu bersaing

UU Ketenagakerjaan No. 13 Th. 2003, PP No. 23 Th. 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PP No.31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional menekankan mengenai pentingnya Sertifikasi Kompetensi dan pengembangan Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan produktivitas dan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten. menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil dan sesuai dengan standar industri semakin meningkat. Sementara di lain pihak, industri yang merupakan pengguna tenaga kerja masih meragukan keterampilan tenaga kerja dalam negeri dikarenakan belum digunakannya bukti-bukti sertifikat yang cukup kuat dan diakui, untuk menyatakan seseorang kompeten khususnya di bidang laundry.

Di mana bisa ikut sertifikasi profesi laundry?

Nah, untuk mendapatkan bukti kompetensi yang kuat dan diakui, maka Lembaga Sertifikasi Profesi Laundry Indonesia (LSP LI) yang didukung Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) akan mengadakan “Pelatihan Asesor Kompetensi” yang bertujuan untuk membentuk tenaga Asesor yang Kompeten dalam tugasnya melakukan asesmen kepada calon peserta Uji Kompetensi. Sehingga calon peserta uji kompetensi mendapatkan bukti pengkuan akan kompetensinya.

Asesor ini yang nantinya akan menjadi ujung tombak LSP Laundry Indonesia dalam melaksanakan uji kompetensi bagi tenaga kerja bidang laundry.

Tentunya dengan memiliki sertifikat yang sudah teruji maka peluang jenjang karir dalam dunia laundry akan baik serta mendapat pengakuan terhadap kompetensi yang dimilikinya. Sedangkan manfaat perusahaan atau pun institusi adalah memiliki tenaga kerja terampil, bersaing tinggi dan termotivasi dan tentunya produktivitas akan meningkat dengan sendirinya.

Adapun persyaratan pendaftaran secara umum adalah sehat jasmani maupun rohani, memiliki kartu tanda pengenal, memiliki surat pengalaman kerja di bidang laundry dari perusahaan tempat bekerja dan pas foto 3×4 sebanyak 3 lembar. Untuk lulusan SLTA dan sederajat minimal mempunyai pengalaman selama 3 tahun di bidang laundry. Anda bisa bisa mendatangi kantor Lembaga Sertifikasi Profesi Laundry Indonesia di Jl. Cirendeu Raya No. 69 E, Pondok Cabe – Tangerang Selatan kode pos 15419

Manfaat Sertifikasi Profesi Laundry
WhatsApp chat