fbpx

Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol

cara memulai usaha laundry dari nol
                                                                      Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol

Berikut ini merupakan artikel tentang cara memulai usaha laundry dari  nol  yang akan di sampaikan oleh praktisi laudry kami :

Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol

Semua jenis bisnis tentu mengharapkan keuntungan dan balik modal yang ditanam ( Return of Investment). Termasuk berbisnis laundry

Langkah – langkah yang harus dilakukan oleh seorang calon investor (pebisnis laundry) Cari informasi dan datangi seorang ahlinya :Diskusikan/ kemukakan maksud dan tujuan tentang berbisnis laundry & Putuskan apa yang telah didiskusikan ( terus apa berhenti )

Informasi dari ahlinya

Informasi tentang berbisnis laundry harus disampaikan oleh seorang yang ahli dalam bidang laundry tersebut, bukan sekedar hanya melihat pelaku bisnis serupa yang sudah berhasil. Kadang seseorang tidak memperhitungkan hal ini, dianggap hanya hal yang sederhana dan mudah.

Disini faktor spekulasi sangat dominan pada seorang pebisnis yang mempunyai pendapat demikian. Kemungkin keberhasilan dalam berbisnis seperti ini sangat kecil, kebangkrutan dan kekecewaan sudah didepan mata. Sia – sialah investasi yang sudah ditanam…

Untuk itu sebelum memulai berbisnis laundry luangkan waktu untuk datang pada ahlinya syukur kalau ada pabrik atau supplier mesin – mesin laundry yang sudah menyediakan jasa konsultan laundry. “Harimukti Teknik” salah satu contohnya, mungkin juga yang lain.

Pilihan yang tepat!

Dengan informasi yang jelas dan valid dari seorang konsltan akan diambil keputusan yang tepat. Maju terus/ berhenti?

Maju!

Aku mempunyai modal sekian.

Aku akan mengharapkan keuntungan sekian.

Untuk mencukupi biaya operasional maka minimal aku harus mempunyai omzet sekian.

Kapan dan berapa lama balik modal yang kutanam?

Berbinis apapun tentu memerlukan modal. Modal financial maupun sumberdaya manusia yang sesuai dengan kebutuhan, keuntungan dan balik modal yang diharapkan. Dengan kata lain sebelum memulai haruslah diperhitungkan segalanya dengan cermat dan akurat.

Untuk memulai bisnis laundry tidak harus langsung besar, tapi bisa dimulai dengan yang sederhana dahulu atau bertahap. Sederhana tidak identik dengan mengabaikan SOP yang baku. Dan juga tidak kalah pentingnya adalah pasar yang akan kita garap/ bidik.

Pada artikel yang lalu bahwa laundry dikelompokkan menjadi 3 kelompok : Umum/ hotel & restaurant, Rumah Sakit dan Konveksi/ Garment. Dari ketiga kelompok tersebut mana yang kita pilih? Pilihan tersebut akan menentukan mesin – mesin dan peralatan yang kita siapkan. Luasan lahan juga tidak kalah pentingnyan dalam persiapan awal.

Perhitungan biaya operasional harus dihitung dengan benar, karena ini sangat penting untuk menentukan harga jual yang layak. Mungkin sudah kita ketahui bersama bahwa harga jual adalah harga pokok/ dasar ditambah biaya dan keuntungan yang akan diperoleh. Jadi harga jual bukan satu – satunya dari  perbandingan pesaing.

Apa sih SOP itu?

Standard Operating Procedure ( Prosedur operasional yang baku/ standard ) adalah cara kerja yang mempunyai batasan – batasan atau capaian yang ditentukan secara konsisten/ tetap disetiap unit kerja. Sehingga diperoleh  hasil yang terbaik. Kepuasan pelanggan diutamakan.

Diharapkan pelanggan tidak hanya puas tetapi loyal/ setia. Disini faktor pelayanan ( service ) menjadi sangat penting untuk bisnis jasa. Itulah pentingnya SOP harus dijalankan sesuai.

Nilai sebuah uang/ ongkos ( Value of money/ price )

Barbagai macam pilihan dari pelanggan tentang harga :

  • Harga murah
  • Harga wajar
  • Harga mahal
Harga murah

Murah bisa murahan atau memang murah?

Murahan kesannya tidak baik, apa adanya. Tapi kalau murah bisa terkesan baik walaupun mungkin hasil tidak maksimal. Logika awam kalau murah minta hasil yang baik/ maksimal kok ya gak ada. Biasanya harga murah ini ditentukan oleh pasar ( klas bawah ) dengan budget untuk laundry sangan terbatas dan tidak punya banyak waktu.

Walau murah tetap harus masih ada keuntungan…….

Harga wajar

Harga pokok ditambah biaya dan keuntungan yang diharapkan. Jadi konsumen akan mendapatkan hasil yang terbaik dan bagi pengusaha juga tidak akan rugi. Seharusnya harga wajar inilah yang harusnya dipilih bagi seorang pengusaha apapun. Harga wajar tidak semata – mata mengejar keuntungan semata tetapi hasil dari produknya harus sesuai standard yang diterapkan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah pengusaha jasa laundry. Konsumen akan merasa membayar sesuai yang diharapkan, bahkan bisa melebihi. Value of money.

Harga mahal

Mahal adalah identik tidak sesuai apa yang diharapkan, entah itu hasil dari produk itu sendiri ataupun pelayanan yang didapatkan oleh konsumen. Cara penetapan harga seperti ini hanya mendapatkan pelanggan sekali saja. Kapok. Tidak akan kembali lagi menggunakan jasanya. Lebih celaka lagi hal seperti ini akan diceriterkan kepadan koleganya.

Semua pengusaha pasti tidak mau seperti itu…..

Terus apa yang harus dilakukan…….

Nantikan artikel berikutnya…..

By Richardus Suroto ( Praktisi Laundry )

Cara Memulai Usaha Laundry dari Nol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat