fbpx

Penyuapan adalah tindakan memberikan atau meminta uang, barang, atau bentuk lain dari pemberi suap kepada penerima suap dengan maksud agar penerima suap memberikan kemudahan berupa tindakan atau kebijakan dalam wewenang penerima suap sesuai dengan kepentingan pemberi suap.

Penyuapan merupakan jenis tindak perkara korupsi yang paling banyak ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan tentunya bersama kita sepakat bahwa korupsi adalah tindak kejahatan yang harus kita “perangi” bersama.

Menurut Undang-undang nomor 20 tahun 2001 pemberantasan tindak pidana korupsi, disebutkan dalam pasal 5, 6, dan 7 bahwa pemberi suap dapat diberi hukuman penjara mulai dari 1 hingga 15 tahun tergantung pada jabatan oknum penerima suap. Dan menurut pasal 12 bahwa penerima suap dapat dihukum paling singkat 4-20 tahun penjara.

Salah satu upaya penanggulangan praktek suap dengan adanya ISO 37001:2016. ISO 37001:2016 adalah sistem manajemen anti penyuapan yang diterapkan suatu organisasi/perusahaan baik pemerintahan maupun swasta.

Di Indonesia sendiri ISO 37001:2016 diadopsi oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah untuk penerapan standar produk dan jasa yang ada di Indonesia menjadi SNI ISO 37001:2016

Lalu apa saja manfaat penerapan ISO 37001:2016?

  1. Membantu organisasi dalam menerapkan sistem anti manajemen suap, atau dalam pengawasan yang ada
  2. Memberikan jaminan kepada manajemen dan pemilik suatau organisasi, pemilih modal (investor), pelanggan, rekan bisnis dan stake holder lainnya, bahwa perusahaan/organisasi melaksanakan praktek kontrol anti suap yang diakui secara internasional
  3. Dalam penyelidikan, membantu memberikan bukti kepada pihak berwenang (jaksa, kepolisian, pengadilan) bahwa perusahaan/organisasi telah melakukan langkah persuasi/pencegaha tindakan penyuapan

PT Hari Mukti Teknik, sebagai perusahaan nasional produsen mesin laundry dan mesin rekayasa teknik menjadi salah satu penerap SNI ISO 37001:2016. Sebagai perusahaan penerap SNI ISO 37001:2016, PT Hari Mukti Teknik konsisten dalam melaksanakan setiap ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan.

PT Hari Mukti Teknik menerapkan SNI ISO 37001:2016 pastinya untuk menanggulangi tindakan penyuapan dalam sistem manajemen, searah dengan itu, ingin mewujudkan suatu badan usaha yang BERSIH, BERKAH dan HALAL dalam setiap transaksi dan kegiatan manajemen perusahaan.

Adanya SNI-ISO 37001:2016 membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan baik dalam mencegah tindakan penyuapan dalam sistem manajemennya. Dan secara nyata akan berdampak baik bagi iklim usaha nasional.

Dimulai dari diri sendiri, mari kita galakan gerakan anti penyuapan dan korupsi di Indonesia. Agar kesejahteraan dan pembangunan di Indonesia merata dan dapat diarasakan seluruh lapisan masyarakat.

PILIH YANG BERSIH! TOLAK PENYUAPAN! CEGAH KORUPSI!

INDONESIA MAJU dan SEJAHTERA TANPA KORUPSI

Apa itu SNI-ISO 37001:2016
WhatsApp chat